Sultan HB X: Dukung Kostratani untuk Tingkatkan Pertanian Yogyakarta

IMG-20210603-WA0026

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

YOGYAKARTA – Program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang dijalankan Kementerian Pertanian, mendapat dukungan di Yogyakarta. Dukungan disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, saat bertemu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, Kamis (3/6/2021).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan Kostratani adalah upaya Kementan untuk membangun pertanian dari kecamatan.

“Pembangunan pertanian Indonesia akan kita lakukan langsung dari lapangan, dari kecamatan. Pembangunan itu akan dikawal Kostratani,” tuturnya.

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan pihaknya akan mentransformasikan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) seluruh Tanah Air menjadi BPP Kostratani.

“Termasuk di Yogyakarta ini. Kita akan pastikan Kostratani dijalankan dengan maksimal untuk mendukung pertanian di Yogyakarta, termasuk mendukung program-program utama Kementan,” tuturnya.

Dedi Nursyamsi menjelaskan, BPPSDMP akan memastikan peran Kostratani bisa dijalankan dengan maksimal.

“Dalam memajukan pertanian, Kostratani menjalankan sejumlah peran. Seperti sebagai pusat data dan informasi, sebagai tempat belajar, menjadi tempat konsultasi petani, dan lainnya,” terangnya.

Sedangkan kepada Dedi Nursyamsi, Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan dukungannya untuk Kostratani.

“Kostratani ini mempunyai banyak manfaat untuk pertanian. Oleh karena itu, kita memberikan dukungan. Karena kita berharap Kostratani bisa membantu meningkatkan produktivitas pertanian di Yogyakarta,” katanya.

Sultan juga berharap Kostratani bisa membantu menumbuhkan petani milenial.

“Pertanian membutuhkan generasi milenial sebagai masa depan. Oleh karena itu, kita berharap Kostratani bisa membantu menumbuhkan banyak petani milenial,” katanya.

Dengan alasan tersebut, Sri Sultan HB X juga menyatakan siap mendukung pelaksanaan The 2nd Millenial Indonesian Agropreneur (MIA) Expo 2021 di Ambarukmo Plaza, Yogyakarta, 12-13 Juni 2021.

BACA JUGA :  Sadar Banyak Kades Lulusan SMA, Mendagri: Perlu Pembinaan Tata Kelola Pemdes

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Baca Juga