Kemenparekraf Dukung Beli Kreatif Danau Toba Fair dan Pesona Kuliner Danau Toba

IMG-20210214-WA0061

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

TANGERANG – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf mendukung penuh gelaran Beli Kreatif Danau Toba Fair dan Pesona Kuliner Danau Toba Sumarecon Mall Serpong. Deputi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya menuturkan, event ini digagas untuk terus membangkitkan perekonomian, dalam hal ini UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

“Di masa pandemi ini UMKM perlu dukungan agar perekonomian terus bergerak. Event ini diharapkan terus memupuk harapan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19,” kata Nia, Sabtu (13/2/2021).

Nia melanjutkan, pameran ekonomi kreatif ini juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta agar penanggulangan Covid-19 sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. “Sebagaimana kita tahu, sektor yang paling terdampak akibat pandemi ini adalah pariwisata dan ekonomi kreatif. Pameran ini adalah upaya untuk kembali menggeliatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagaimana arahan Bapak Presiden agar penanggulangan Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi seiring sejalan,” kata Nia.

Nia memaparkan, dipilihnya Toba oleh karena destinasi tersebut menjadi satu dari sekian destinasi super prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah. “Salah satu fokus kita adalah Toba yang menjadi destinasi super prioritas,” tutur Nia.

Bagi Nia, event ini juga dalam rangka kembali mempromosikan destinasi wisata Toba dengan segala keunggulan dan keunikan yang dimilikinya. “Toba itu memiliki keunikan dan keunggulan yang beberapa di antaranya kami hadirkan melalui event ini,” kata Nia.

Head of Public Relation Sumarecon Mall Serpong, I Made Regi Julian S menuturkan, event ini adalah kali kedua diselenggarakan di pusat perbelanjaan yang dikelolanya. “Event inibadalah kerjasama dengan Kemenparekraf yang kali ini mengangkat acara Beli Kreatif Danau Toba Fair dan Pesona Kuliner Danau Toba. Tujuan dalam acara ini kami mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang digagas oleh Kemenparekraf untuk meningkatkan UMKM agar bisa bersaing di saat pandemi seperti saat ini,” tutur dia.

BACA JUGA :  Tarian Adat Tandai Panen Raya Ketua DPD RI di Sumba Barat Daya

Dijelaskannya, ada sekitar 28 peserta pameran dalam acara Beli Kreatif Danau Toba Fair dan Pesona Kuliner Danau Toba yang berpartisipasi. Dalam rangkaian acaranya, BKDT dan PKDT akan diisi dengan beragam kegiatan menarik dan inspiratif seperti musik etnik Sumatera Utara, kompetisi foto dan bincang kreasi dari pegiat kreatif maupun kuliner lokal yang akan berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar industri ekonomi kreatif dan kuliner. “BKDT & PKDT akan digelar mulai 11–21 Februari 2021 di Atrium Circle dan Broadway Stage Sumarecon Mall Serpong dengan diisi oleh sejumlah UMKM yang akan menampilkan kekayaan tradisi dan budaya Sumatera

Utara dalam bidang kreatif dan kuliner,” paparnya.

Beberapa peserta di antaranya House of Daminten, Damn I Love Indonesia, Solu Ulos, Bolu Medan CF, Bihun Kari Medan, Nasi Goreng Teri Medan, RM BPK Sinabung dan masih banyak lagi. “Seluruh kegiatan ini juga dilengkapi dengan protokol kesehatan

yang ketat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung seperti pengecekan suhu badan, wajib memakai masker (tidak boleh menggunakan masker scuba), menyediakan hand sanitizer di dalam areal pameran, serta pengaturan jaga jarak,” kata dia.(***)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Baca Juga